Tips Merawat AC Mobil Tetap Dingin

Spread the love

Fitur andalan dari mobil yang perlu dijaga dan dirawat adalah AC MOBIL. AC sangat penting, dimana bisa menyejukkan udara di dalam mobil agar nyaman saat digunakan. AC sendiri  tentu menjadi fitur yang selalu digunakan oleh pemilik mobil saat berkendara, karena tanpa AC akan panas dan tidak nyaman dikendarai dalam jarak yang jauh dan waktu yang lama.

Namun seiring mobil sering digunakan, melakukan perawatan AC tentunya harus dilakukan supaya selalu dalam kondisi baik dan bekerja maksimal. Perawatan yang rutin serta pengecekan AC sangat penting apabila mobil kamu sedang servis bulanan di bengkel.

Ada beberapa masalah saat mobil digunakan khususnya AC, misal seperti AC yang mengeluarkan bau tidak sedap atau AC kurang dingin. Beberapa masalah tersebut tentunya sangat mengganggu pengguna, apalagi jika cuaca panas dan membutuhkan AC agar mobil nyaman dikendarai. Jadi jangan menganggap remeh terkait masalah pada AC kendaraan mobil ini.

8 Tips Merawat AC

Berikut ini tips buat kamu yang punya mobil, merawat AC agar tetap dalam kondisi yang baik dan tetap dingin saat digunakan :

  • Menjaga Kebersihan Mobil

Tentunya agar AC bisa bekerja dengan optimal, kamu harus memperhatikan kebersihan mobil terutama pada bagian interior mobil. Mulai dari karpet, kursi, dan interior lain harus dijaga kebersihannya. Dengan menjaga kebersihan bagian dalam mobil, akan membuat udara jadi bersih juga, filter AC akan bekerja lebih baik apabila udara bersih, tidak banyak debu dan kotoran yang membuat filter AC cepat kotor.

  • Mencuci Mobil dengan Benar

Mencuci mobil bukan hal yang harus disepelekan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya saat mobil dicuci tidak mengganggu fitur mobil yang ada. Saat mencuci, buka kap mesin dan juga semprotkan air pada bagian kondensor AC.

Hal tersebut dilakukan agar debu dan juga kotoran yang menempel bisa bersih. Karena jika dibiarkan, kotoran akan mengeras dan bisa mengakibatkan keropos dan membuat kebocoran pada bagian kondensor.

  • Memilih Tempat Parkir Teduh

Saat hendak memarkirkan mobil, pilih tempat yang teduh atau tempat dimana mobil tidak mengenai mobil secara langsung. Karena jika mobil dibiarkan dalam cuaca yang panas dalam waktu yang lama, akan membuat ruang bagian dalam mobil panas.

Jika sudah begitu, proses pendinginan akan memerlukan waktu yang lama dan membuat beban kerja AC jadi lebih berat karena lamanya proses pendinginan ruangan dalam mobil.

  • Mematikan AC Beberapa Saat Ketika Dalam Perjalanan Jauh

Apabila sedang mengendarai mobil untuk perjalanan yang jauh dan juga waktu yang lama, usahakan AC MOBIL tidak dinyalakan secara terus menerus. Hal ini dilakukan supaya kerja AC tidak terlalu berat dan bisa mengistirahatkan AC.

Karena jika AC dinyalakan terus menerus, akan ada gangguan pada saluran AC yang terjadi pembekuan. Bila sudah begitu, perbaikannya akan ribet dan tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

  • Selalu Cek Kondisi Extrafan Kipas AC

Pengecekan AC secara rutin sangat penting, karena dengan begitu kamu akan tahu apakah kondisi Extrafan kipas pada bagian depan kondensor dalam kondisi baik atau tidak. Apabila saat AC dinyalakan dan extrafan kipas tidak menyala atau mati, sangat beresiko membuat kerusakan pada kompresor dan parahnya bisa mengakibatkan selang kompresor jadi meledak.

  • Jangan Merokok di dalam Mobil dengan Kondisi AC menyala

Ini menjadi kebiasaan beberapa pemilik mobil, khususnya kaum pria dimana sering kali merokok saat AC sedang menyala. Hal tersebut bisa membuat evaporator nikotin lengket serta berlendir akibat asap yang masuk, serta menimbulkan bau yang kurang sedap dan sulit untuk dihilangkan.

  • Jangan Matikan Mesin Mobil saat AC dalam Kondisi Menyala

Mematikan mesin mobil saat AC menyala membuat kelistrikan pada bagian AC jadi cepat rusak bahkan konslet, dimana hal fatal yang bisa terjadi AC jadi rusak dan tidak bisa dinyalakan. Hal sebaliknya juga berlaku, dimana jangan nyalakan mobil saat AC sedang menyala.

AC adalah Fitur Penting pada Mobil yang Perlu dirawat

Tanpa adanya AC yang baik saat mengendarai mobil, tentunya akan sangat mengurangi kenyamanan berkendara. Apalagi saat kamu mengendarai mobil dalam jarak yang jauh pasti jika tidak ada AC udara akan terasa panas. Menjaga kondisi dan selalu melakukan servis AC akan membuat AC awet dan tetap dingin.

Dari ketujuh tips merawat AC tadi, semua wajib kamu lakukan jika tidak mau AC MOBIL kamu cepat rusak. Karena jika sudah rusak, biaya servis AC dalam kondisi rusak parah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi kalau sampai membeli AC baru, pastinya sangat disayangkan.

Demikian artikel tentang perawatan AC pada mobil, semoga bermanfaat dan bisa menjadi info yang membantu kamu dalam merawat kondisi mobil kesayangan.